Image of Resiko Kejadian Preeklampsi pada Ibu Primigravida dan Ibu Multigravida di Rumah Sakit Aura Syifa Kediri Tahun 2018

Skripsi

Resiko Kejadian Preeklampsi pada Ibu Primigravida dan Ibu Multigravida di Rumah Sakit Aura Syifa Kediri Tahun 2018



ABSTRAK

Yhen, Ari Bekti. 2019. Risiko Preeklamsi Pada Ibu Primigravida dan Ibu Multigravida Di Rumah Sakit Aura Syifa Kediri Tahun 2018.

World Health Organization (WHO) menyampaikan jika mordibitas dan mortalitas ibu dan janin salah satunya dikarnenakan oleh Preeklamsi. Jumlah kematian ibu yang semakin meninggkat menurut Dinkes Jawa Timur mencapai 30,90%. Preeklamsi hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian preeklamsi yaitu status gravida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko preeklamsi pada ibu multigravida dan ibu primigravida. Metode Penelitian survey analytical dengan rancangan penelitian case control. Sampel pada penelitian ini adalah 55 sampel kasus dan 55 sampel kontrol, menggunakan data rekam medik pasien yang dicatat menggunakan lembar rekapitulasi penelitian. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Hasil analisis bevariate menggunakan rumus Odds Ratio menunjukan ada perbedaan (RO = 4,393) antara ibu multigravida dan ibu primigravida terhadap risiko kejadian preeklamsi. Ibu primigravida memiliki risiko mengalami preeklamsi 4,393 kali lebih besar jika dibandingkan dengan ibu multigravida.

Kata Kunci: Preeklampsia, risiko, status gravida, primigravida, multigravida


Ketersediaan

SKRD41502460054SKRD4.0160-1 618.2 Bek r Rak-SkripsiPERPUSTAKAAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI (Rak Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRD4.0160
Penerbit Poltekkes Kemenkes Malang - Prodi Kebidanan Kediri : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this