Image of Hubungan Indeks Masa Tubuh dan Hasil Roll Over Test pada Ibu Hamil dengan Preeklampsia di RSUD Gambiran Kota Kediri

Skripsi

Hubungan Indeks Masa Tubuh dan Hasil Roll Over Test pada Ibu Hamil dengan Preeklampsia di RSUD Gambiran Kota Kediri



ABSTRAK

Tandryan, Nafa. 2019. Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Hasil Roll Over Test Pada Ibu Hamil dengan Preeklamsi di RSUD Gambiran Kota Kediri.

Preeklamsi merupakan penyebab utama kematian maternal selain perdarahan dan infeksi. Deteksi dini dilakukan dengan pemeriksaan diantaranya adalah pengukuran Indeks Massa Tubuh dan Roll Over Test. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan indeks massa tubuh dan hasil roll over test dengan preeklamsi di RSUD Gambiran Kota Kediri. Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional dan pendekatan prospektif. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan jumlah sampel 15 ibu yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi, penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2019. Hasil analisis univariate menunjukkan menggunakan ada 6 ibu yang memiliki IMT obesitas dan 11 ibu memiliki hasil ROT positif. Berdasarkan analisis bivariate menggunakan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa nilai ρ: 0,039 (ρ < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan Indeks Massa Tubuh dengan preeklamsi. Hasil analisis menggunakan Fisher Exact menunjukkan bahwa ρ: 0,033 (ρ < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan hasil Roll Over Test dengan preeklamsi. Hail analisis multivariate menunjukkan bahwa nilai ρ: 0,998 (ρ > 0,05), sehingga dapat disimpulkan tidak ada variabel yang paling kuat berhubungan dengan preeklamsi. Terdapat hubungan yang signifikan antara IMT dan hasil ROT dengan preeklamsi sehingga IMT dan ROT efektif dalam memprediksi preeklamsi bagi tenaga kesehatan.

Kata Kunci: Preeklamsi, Indeks Massa Tubuh, Roll Over Test


Ketersediaan

SKRD41502460022SKRD4.0133-1 618.2 Tan h Rak-SkripsiPERPUSTAKAAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI (Rak Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRD4.0133
Penerbit Poltekkes Kemenkes Malang - Prodi Kebidanan Kediri : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this