Image of Hubungan Paritas Dengan Kejadian Rupture Perineum Pada Ibu Bersalin Di RS. Aura Syifa Kabupaten Kediri Tahun 2017

Skripsi

Hubungan Paritas Dengan Kejadian Rupture Perineum Pada Ibu Bersalin Di RS. Aura Syifa Kabupaten Kediri Tahun 2017



ABSTRAK

Angriani, Nunung, 2018. Hubungan Paritas dengan Kejadian Ruptur Perineum Pada Ibu Bersalin Di Rs. Aura Syifa Kabupaten Kediri tahun 2017.

Persalinan dengan ruptur perineum apabila tidak ditangani secara efektif maka akan menyebabkan perdarahan dan infeksi menjadi lebih berat. Pada ibu dengan paritas satu atau ibu primipara memiliki resiko lebih besar untuk mengalami ruptur pada perineum dari pada ibu dengan paritas lebih dari satu. Ruptur perineum spontan adalah perlukaan jalan lahir atau robekan perineum secara tidak sengaja karena persalinan dan terjadi hampir pada semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paritas dengan kejadian ruptur perineum pada ibu bersalin di RS. Aura Syifa Kabupaten Kediri tahun 2017. Penelitian menggunakan jenis penelitian Deskriptif Analitik dengan desain penelitian Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah data seluruh ibu yang bersalin yang berada di RS. Aura Syifa Kabupaten Kediri pada tahun 2017 yang berjumlah 1483 orang dan didapatkan sampel 52 orang ibu dengan teknik sampel yang di gunakan adalah Purposive Sampling. Uji bivariat yang di gunakan adalah Chi-square. Hasil analisa menggunakan uji Chi-square dengan diketahui p value < 0.05 yaitu 0.001 yang menunjukan adanya hubungan Paritas dengan Kejadian Ruptur Perineum pada Ibu Bersalin di RS. Aura Syifa Kabupaten Kediri Tahun 2017.

Kata Kunci: Paritas, Ruptur Perineum.


Ketersediaan

SKRD4AP17321175051SKRD4A.0075-1 618.2 Ang h Rak-SripsiPERPUSTAKAAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI (Rak Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRD4A.0075
Penerbit Poltekkes Kemenkes Malang - Prodi Kebidanan Kediri : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this