Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kanker Serviks Pada Wanita Di RSUD Gambiran Kota Kediri Tahun 2017

Skripsi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kanker Serviks Pada Wanita Di RSUD Gambiran Kota Kediri Tahun 2017



ABSTRAK

Cahyono, Monica, 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker serviks pada wanita di RSUD Gambiran Kota Kediri tahun 2017.

Kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks (bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina). Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan yang dialami wanita di negara berkembang seperti Indonesia. Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi virus HPV (human pappiloma virus). Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi kejadian kanker serviks seperti usia pertama melakukan hubungan seksual > 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, paritas, pil kb, dan keikutsertaan pemeriksaan dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kanker serviks pada wanita di RSUD Gambiran Kota Kediri tahun 2017.
Metode Penelitian survey analytical dengan rancangan penelitian case control. Sampel pada penelitian ini adalah 31 sampel kasus dan 31 sampel kontrol, menggunakan data rekam medik pasien yang dicatat menggunakan lembar ceklis penelitian. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified random sampling.
Hasil analisis bevariate menggunakan rumus chi square menunjukan ada hubungan (p value < 0,05) antara faktor risiko usia pertama melakukan hubungan seksual (p value = 0,000), paritas (p value = 0,001), riwayat penggunaan pil kb (p value = 0,022), keikutsertaan pemeriksaan dini (p value = 0,000) dengan kejadian kanker serviks, sehingga h0 ditolak artinya ada hubungan antara faktor risiko usia pertama melakukan hubungan seksual, paritas, riwayat penggunaan pil kb, dan keikutsertaan pemeriksaan dini dengan kejadian kanker serviks. Tidak ada hubungan antara faktor risiko berganti-ganti pasangan seksual (p value = 0,748) dengan kejadian kanker serviks. Hasil analisis multivariate menunjukan variabel keikutsertaan pemeriksaan dini yang paling kuat berhubungannya dengan kejadian kanker serviks.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut,faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kanker serviks adalah faktor usia pertama melakukan hubungan seksual, faktor penggunaan PIL KB, faktor paritas dan faktor keikutsertaan pemeriksaan dini. Sedangkan faktor berganti-ganti pasangan tidak berhubungan dengan kejadian kanker serviks hal ini dimungkinkan ada faktor lain yang mempengaruhi terjadinya kanker serviks, dengan demikian hendaknya menjadi bahan masukan bagi tenaga kesehatan untuk melakukan deteksi dini kejadian kanker serviks.

Kata Kunci: Kanker Serviks, usia pertama melakukan hubungan seksual, berganti-ganti pasangan seksual, paritas, riwayat pil Kb, keikutsertaan pemeriksaan dini.


Ketersediaan

SKRD4AP17321175034SKRD4A.0058-1 618.2 Cah f Rak-SripsiPERPUSTAKAAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI (Rak Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRD4A.0058
Penerbit Poltekkes Kemenkes Malang - Prodi Kebidanan Kediri : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this