Image of Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Sarjana Terapan Tentang Asuhan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal Di Poltekkes Kemenkes Malang Prodi Kebidanan Kediri

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Sarjana Terapan Tentang Asuhan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal Di Poltekkes Kemenkes Malang Prodi Kebidanan Kediri



ABSTRAK

Masdalifa, Sifah, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa SarjanaTerapan Tentang Asuhan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal di Poltekkes Malang Prodi Kebidanan Kediri.

Media pembelajaran adalah media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jenis media pembelajaran ada 3 yaitu audio visual, visual, auditif. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah media pembelajaranulartangga Tujuan permainan ular tangga ini adalah untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar senantiasa mempelajari atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran ulartangga terhadap hasil belajar mahasiswa sarjana terapan tentang asuhan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Desain penelitian preeksperimental design dengan rancangan one grup pre danpost test, populasi 55 mahasiswa sarjana terapan dengan teknik sampling simple random sampling. Didapatkan sampel sebanyak 49 responden yang memenuhi criteria inklusi. Instrumen untuk mendapatkan hasilbelajar menggunakan lembar soal, sebanyak 20 soal. Data dianalisis dengan Wilcoxon Matched Pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ρ 0,000 ˂ 0,05 yang berarti ada pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar. Kesimpulan penelitian yaitu ada pengaruh penggunaan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar mahasiswa sarjana terapan tentang asuhan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Peneliti mengharapkan suatu aplikasi media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Asuhan kegawatdaruratan maternal dan neonatal, hasil belajar, media pembelajaran ular tangga

ABSTRACT

Masdalifa, Sifah, 2018. The Effect of Using Snake Stage Learning Media on Student Applied Bachelor Study Results About Maternal and Neonatal Emergency Care at Poltekkes Malang Prodi Kebidanan Kediri

Learning media is all forms and channels used to inform a messages or information. There are 3 types of learning media, such as audiovisual, visual, and auditive. One of the learning media that can increase learning motivation is snake-ladder. Snake-ladder game provides learning motivation to students so they always learn or repeat the material that has been learned before which will be tested through the game so that it feels fun for students. The purpose of this study was to analyze the influence of snake-ladder learning media on applied undergraduate students learning outcomes in maternal and neonatal emergency care. The design of this study was pre-experimental designed with one group pretest-posttest, the population in this study was 55 applied undergraduate students which sample was taken by simple random sampling. There were 49 respondents who met the inclusion criteria. Instrument to get learning outcomes using a question sheet, with 20 questions. Data were analyzed with Wilcoxon Matched Pairs. The results showed that the value of ρ 0,000 5 0.05, which means that there is an influence of snake ladder learning media on learning outcomes maternal and neonatal emergency care.

Keywords: learning outcomes, Maternal and neonatal emergency care, , snake ladder learning media


Ketersediaan

SKRD41402460016SKRD4.0072-1 618.2 Mas p Rak-SkripsiPERPUSTAKAAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI (Rak Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRD4.0072
Penerbit Poltekkes Kemenkes Malang - Prodi Kebidanan Kediri : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this